Minggu, 09 Februari 2014

Cake Pisang Simple

Masih tetap dengan Banana Cake atau Cake Pisang yaaakkk .... Sebenernya cake ini sudah beberapa hari  lalu saya buat ( dan... sudah habis ludes des .... hehehhe, beruntung masih sempat saya dokumentasikan ),karena ada beberapa kegiatan ... jadi baru bisa posting malam ini.

Ceritanya waktu buat cake ini, lagi cek n ricek kulkas, ehhhh  ndelalah di kulkas masih ada pisang ambon, saya keluarin deh dari kulkas... nunggu biar disuhu ruang...abis itu siap deh dieksekusi pisangnya ...

Bahan masih sama dengan Cake Marmer Simple postingan saya sebelumnya ( blog diah didi kitchen 'resep cake pisang praktis'), meskipun bahan tidak terlalu banyak berubah.. yang beda disini adalah teknik pembuatannya.

Yuuukk langsung aja cheki-cheki bahan dan cara pembuatannya ala saya yaaa :

Bahan :

  • 150 gram pisang dihaluskan ( saya menggunakan 2 pisang ambon sedang)
  • 200 gram tepung terigu ( tapi saya hanya menggunakan sekitar 180 gr tepung terigu)
  • 160 gr gula pasir ( saya pake 100 gr gula pasir )
  • 3 butir telur
  • 120 gr minyak goreng ( saya menggunakan 60 gr margarin cair dan 60 gr minyak goreng )
  • 1 sendok makan ovalatte / SP
  • 1 sendok teh baking soda (saya tidak menggunakan)
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan tepung maizena ( tepung maizena ini tambahan saya sendiri)
  • 1 sendok makan susu bubuk
Hiasan :
  • whipped cream secukupnya
  • Coklat serut secukupnya
  • Keju parut secukupnya
Cara Membuat :
  1. Siapkan loyang ( saya menggunakan loyang ukuran 20 x 20 x 4 cm ), kemudian diolesi margarin yang dicairkan sedikit trus diberi tepung terigu,lalu ratakan. Atau bisa juga menggunakan minyak goreng sedikit, campur dengan terigu dan ratakan/olesi diloyang. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celcius ato tergantung oven masing-masing )
  2. Masukan telur, gula , ovallate/sp dalam  wadah kemudian kocok sampai mengental dan mengembang, berjejak
  3. Kemudian masukan sepertiga pisang yang dihaluskan, setelah itu sepertiga tepung terigu, bergantian dengan minyak goreng
  4. Aduk sampai tercampur rata, masukan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin
  5. Kemudian panggang dalam oven kurang lebih 45 menit - 1 jam tergantung oven masing-masing
  6. Setelah cake matang, siap disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar