Jumat, 17 Januari 2014

Cake Pisang Marmer Simple

Cake Pisang ...hhmm .... ide membuat cake pisang ini ketika berkunjung ke blog mbak Diah Didi's Kitchen .... simpel dan praktis banget (dimana resep asli cake pisang ini,mbak diah didi dapat dari blognya azlita masam manis).  Cara pembuatannya simpel dan praktis tinggal digabung semua bahan, trus di mixer setelah itu di panggang .. dan traaalllaa ... hasilnya moist , lembut dan enak banget ... cuma disini saya tambahkan coklat untuk membuat marmernya ..( diresep asli tidak menggunakan coklat), meskipun marmer nya tidak begitu jelas yaaakk ...



Cake Pisang Marmer Simple
(diadaptasi dari blog diah didi kitchen 'resep cake pisang praktis')

Bahan :
  • 150 gram pisang dihaluskan ( saya menggunakan 2 pisang ambon sedang dan satu pisang talas )
  • 200 gram tepung terigu ( saya menggunakan 20 sendok makan tepung terigu )
  • 160 gr gula pasir halus ( saya pake 100 gr gula pasir )
  • 3 butir telur
  • 120 gr minyak goreng
  • 1 sendok makan ovalatte / SP
  • 1 sendok teh baking soda (saya tidak menggunakan)
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan tepung maizena ( tepung maizena ini tambahan saya sendiri)
  • 1 sendok makan coklat bubuk (atau sesuai selera), tambahkan air sedikit untuk mengentalkan ( coklat ini tambahan saya sendiri )
Cara Membuat :
  1.  Siapkan loyang tulban, kemudian diolesi margarine yang dicairkan sedikit trus diberi tepung terigu,lalu ratakan. Atau bisa juga menggunakan minyak goreng sedikit, campur dengan terigu dan ratakan/olesi diloyang
  2. Panaskan oven dengan suhu 170 C ( tergantung oven temen-temen ya ... )
  3. Masukkan semua bahan dimangkuk (kecuali coklat bubuk), lalu kocok dengan mixer sampai mengental dan mengembang
  4. Ambil sedikit adonan , kira2 satu-dua sendok makan kemudian campur dengan coklat bubuk yang telah diberi air sedikit aduk hingga tercampur
  5. Masukan dalam loyang tulban adonan cake putih, kemudian beri  adonan coklat, buat bentuk marmer bisa dengan garpu tetapi untuk cake inisaya membuat marmernya dengan adukan minuman yang berbentuk kayak lidi, jadi kayaknya ga begitu jelas .... 
  6. Kemudian panggang dalam oven kurang lebih 45 menit - 1 jam tergantung oven masing-masing
  7. Setelah cake matang, siap disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar