Kamis, 18 Juli 2013

Cake Karamel Sarang Semut a la Novie


Resep diadaptasikan dari resep keluarga Novie 

Menggunakan loyang tulban diameter 23 cm, tinggi 10 cm

Bahan karamel:
- 300 gram gula pasir (2 gelas belimbing)
- 250 ml air panas (1 1/2 gelas belimbing)
- 200 ml air dingin (1 gelas belimbing) 

Bahan lainnya:
- 200 gram atau 1/2 kaleng susu kental manis
- 70 gram mentega/margarine (3 1/2 sendok makan)  
- 5 butir telur ayam
- 1 sendok teh vanila ekstrak  atau 1 sendok teh vanili  bubuk 
- 1 sendok teh baking powder, saya pakai double acting
- 2 sendok teh baking soda kue (tips Novie: menggunakan bicarbonat of soda agar hasil kue lebih coklat    
   kehitaman)
220 gram tepung terigu serba guna (2 gelas belimbing)


Cara Membuat

1. Karamel :
  • Siapkan panci, masukkan gula pasir dan 2 sendok makan air. Panaskan gula dengan menggunakan api kecil hingga gula lumer, larut. Jangan aduk gula dalam kondisi ini, biarkan gula mencair sendiri secara alami, goyang-goyangkan panci agar lumernya merata
  • Ketika gula telah mencair, dan mulai berwarna kuning kecoklatan, segera masukkan air panas sedikit semi sedikit. Jangan berlebihan dalam memasak gula, dan jangan menunggunya hingga berwarna coklat gelap, karamel anda akan terasa pahit. Hati-hati pada tahap ini, suhu gula yang sangat tinggi dengan kondisi yang pekat ketika terkena air akan menimbulkan letupan-letupan, jadi gunakan sendok sayur bergagang panjang saat memasukkan air panas.  
  • Masukkan air panas sedikit demi sedikit dan aduk karamel hingga tercampur rata dan larut. Matikan api kompor kemudian masukkan air dingin dan aduk rata. Okeh, karamel anda telah jadi, sisihkan, agar karamel mendingin. 
 2. Membuat Cake :
  •  Panaskan oven, set disuhu 170'C, api atas dan bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang tulban (lubang di tengah) diameter 23 cm dengan margarine, taburi permukaannya dengan tepung. Sisihkan.
  • Siapkan mangkuk/wadah yang cukup besar, masukkan susu kental manis. Aduk menggunakan spatula balon atau garpu hingga berwarna sedikit putih, tidak terlalu lama hanya sekitar 1 - 2 menit. Tambahkan mentega/margarine, aduk cepat dengan spatula hingga menjadi adonan yang smooth, pucat. 
  • Tambahkan telur, satu persatu, pastikan adonan tercampur rata sebelum anda menambahkan telur berikutnya. Aduk rata.  
  • Masukkan vanila ekstrak, aduk  rata. Tambahkan baking powder dan baking soda, aduk cepat hingga rata dan tidak ada baking powder atau baking soda yang bergumpal. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang smooth. 
  • Masukkan karamel cair (pada tahap ini karamel kondisinya masih hangat), sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur baik. Adonan yang terbentuk encer, dan memang adonan untuk cake karamel encer dan ringan untuk memudahkan gelembung udara naik dan membentuk lorong-lorong di adonan seperti sarang semut.
  • Tuangkan adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya di suhu 170'C selama 50 menit. Test cake dengan tusuk sate, jika tidak ada adonan yang menempel maka cake telah matang.
  • Keluarkan dari oven dan biarkan uap panasnya hilang. Balikkan cake ke piring saji, biarkan mendingin baru potong-potong dengan pisau yang tajam. Cake karamel siap disantap. Super!
     
Source  :
 http://www.justryandtaste.blogspot.com,Resep Keluarga Novie

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar